Saturday, July 26, 2014

Polimorphism (Kebanyakrupaan)

Definisi polimorphism :
polimorpisme adalah kemampuan sebuah variabel referensi dari kelas super untuk berganti-ganti peran menjadi kelas sub.

Contoh Penggunaan Polimorphism :
class A {
}
class B extends A {
}
class C {
public static void main(String[]args) {
A kelasA = new B(); //Variabel kelasA berperan sebagai kelas B
}
}

Implementasi Polimorpisme
Terdapat 2 cara mengimplementasikan polimorpisme dalam bahasa java, yaitu :
1. Polimorpisme menggunakan objek referensi
Contoh polimorpisme menggunakan objek referensi :
class D {
public static void main(String[]args) {
A objekA = new A();
B objekB = new B();
C objekC = new C();
objekA.cetak();
objekA = objekB;
objekA.cetak();
objekA = objekC;
objekA.cetak();
}
2. Polimorpisme menggunakan Argumen (passing Referensi)
Contoh polimorpisme menggunakan Argumen
class D{
public static void cetakInfo(A objek) {
System.out.println(objek.cetak()+" dengan nilai : "+objek.nilai); }
public static void main(String[]args) {
A objekA = new A();
B objekB = new B(10);
C objekC = new C(15);
cetakInfo(objekA);
cetakInfo(objekB);
cetakInfo(objekC);

Contoh soal kasus pembuatan program menggunakan Polymorphism Java
Sebuah game sederhana menceritakan tiga orang pahlawan yang bernama CaptainAmerika, Thor, dan IronMan. Ketiga pahlawan tersebut ternyata memiliki NenekMoyang yang sama. NenekMoyang tersebut dapat melakukan semua kemampuan yang dimiliki oleh ketiga pahlawan tersebut.
Buatlah sebuah program berdasarkan ketentuan berikut :
1. Buatlah tiga buah kelas dengan nama CaptainAmerica, Thor, dan IronMan.
2. Kelas CaptainAmerika, Thor dan IronMan merupakan turunan dari kelas NenekMoyang.
3. Kelas (CaptainAmerika, Thor, dan IronMan) memiliki senjata (variable) dan fungsiSenjata(method) yang berbeda-beda.
4. CaptainAmerika memiliki senjata berupa tameng yang berfungsi untuk bertahan dari musuh.
5. Thor memiliki senjata berupa palu yang berfungsi untuk memanggil halilintar.
6. IronMan memiliki senjata berupa jet pack yang berfungsi untuk terbang.
7. Buatlah NenekMoyang menjadi pahlawan yang dapat melakukan semua kemampuan yang dimiliki oleh CaptainAmerika, Thor, dan IronMan.
8. Gunakan konsep polymorphism.

Contoh Output :
Nenek moyang punya senjatayang berfungsi untuk bertahan dari musuh
Nenek moyang punya senjatayang berfungsi untuk memanggil halilintar
Nenek moyang punya senjatayang berfungsi untuk terbang

Penyelesaian Menggunakan Polimorphism Objek referensi
Download sourcecode NenekMoyang.java
Download sourcecode CaptainAmerica.java
Download sourcecode IronMan.java
Download sourcecode Thor.java
Download sourcecode Main.java

Penyelesaian Menggunakan Polimorphism Argumen
Download sourcecode NenekMoyang.java
Download sourcecode CaptainAmerica.java
Download sourcecode IronMan.java
Download sourcecode Thor.java
Download sourcecode Main.java

Download .pdf

No comments:

Post a Comment

Untuk bertanya seputar postingan kami diblog ini silahkan tanya di fb fanpage kami ..

Note: Only a member of this blog may post a comment.